Management audit pada fungsi pembelian berorientasi pada pencarian dan penemuan
fakta dan informasi tentang seluruh kegiatan pembelian. Informasi yang
terungkap akan digunakan oleh manajemen puncak sebagai masukan untuk
pengambilan keputusan.
Berikut adalah tujuan management audit untuk fungsi pembelian yang disampaikan oleh Widjayanto
(1985:275), yaitu:
1. Memperoleh keyakinan bahwa pembelian
dilaksanakan secara ekonomis dan efektif.
2. Menilai prosedur pembelian untuk memastikan
bahwa hanya barang yang dibutuhkan saja yang dibeli.
3. Menilai ketaatan para pelaksana pembelian
terhadap peraturan dan prosedur yang berlaku.
4. Memberikan saran dan rekomendasi yang
diperlukan.
Berikut adalah pendapat Hamilton (1986:42) mengenai tujuan management audit pada fungsi pembelian, yaitu:“The major
objective of the management audit of the purchasing function is to determine if
the company is spending its financial resources in the most efficient and
effective manner possible.”
Pendapat Hamilton tersebut sama dengan yang diungkapkan oleh
Ramanathan (1990:310), yaitu: “The management auditor should examine the
purchase function to see that the most efficient and economical methods of
purchasing have been adopted.”
Kedua pendapat tersebut kurang lebih mempunyai arti bahwa tujuan management audit untuk fungsi pembelian dimaksudkan untuk
menentukan apakah semua sumber keuangan untuk fungsi pembelian sudah digunakan
dengan cara yang paling efisien, efektif dan ekonomis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar