Dalam
pengambilan keputusan dan menetapkan harga jual atau produk suatu perusahaan
harus mempunyai tujuan dan sasaran tertentu. Baik untuk tujuan
dan sasaran jangka pendek ataupun tujuan jangka panjang. Hal ini dimaksudkan
agar kelangsungan hidup suatu perusahaan dapat terjaga untuk masa yang akan
datang.
Persaingan
bisnis yang ketat mengharuskan perusahaan untuk lebih berhati-hati dalam
menetapkan kebijakan penetapan harga jual. Tingkat harga jual yang tepat akan
mengarahkan perusahaan pada pencapaian laba yang optimal. Penetapan harga yang
terlalu tinggi dapat mengakibatkan ketidak mampuan bersaing dengan produk atau
jasa sejenis dipasaran.
Secara
umum penetapan harga jual bertujuan untuk mengoptimalkan laba dan pertumbuhan
perusahaan serta menjaga kontinuitasnya. Dalam jangka panjang semua biaya yang
telah dikeluarkan, diharapkan dapat ditutupi oleh harga jual yang telah
ditetapkan.
Menurut
Indriyo Gitosudarmo (2000, Hal 232) adapun tujuan penetapan harga yang
sebenarnya ada bermacam-macam yaitu :
- Mencapai target pengembangan investasi atau tingkat
penjualan neto suatu perusahaan.
- Alat persaingan terutama untuk perusahaan sejenis
- Memaksimalkan
profit
Berdasarkan uraian diatas, untuk
mencapai tujuan harga tersebut ada beberapa faktor penentu harga yang perlu
dipertimbangkan yaitu :
- Mengenal
permintaan produk dan persaingan
- Target pasar yang hendak diraih dan dilayani
- Marketing
mix strategi
Sedangkan menurut
Basu Swastha dan Irawan (1997, Hal 242), mengemukakan tujuan penetapan harga
antara lain :
1.
Meningkatkan
penjualan
2.
Mempertahankan
dan memperbaiki market share
3.
Stabilitas
harga
Lebih
lanjut dikemukakan oleh Basu Swastha dan Irawan (1997, Hal 45), tingkat harga
yang terjadi dalam suatu pasar akan dipengaruhi oleh beberapa factor yaitu :
- Keadaan
Perekonomian
Keadaan perekonomian sangat mempengaruhi tingkat harga
yang berlaku. Semakin tinggi harga suatu barang yang ditetapkan, maka semakin
kurang jumlah barang yang di beli oleh masyarakat.
b.
Penawaran
dan Permintaan
Permintaan
adalah sejumlah barang yang dibeli oleh pembeli pada tingkat harga tertentu,
sedangkan penawaran adalah suatu jumlah yang ditawarkan oleh penjual pada
tingkat harga tertentu.
c.
Elastisitas
Permintaan
Faktor lain
yang dapat mempengaruhi penentuan harga adalah sifat permintaan pasar. Di mana
sifat permintaan pasar ini tidak hanya mempengaruhi penentuan harganya tetapi
juga mempengaruhi volume yang dapat dijual.
d.
Persaingan
Harga jual
beberapa macam barang sering dipengaruhi oleh keadaan persaingan yang ada.
Barang-barang dari hasil pertanian misalnya dijual dalam keadaan persaingan
murni. Dalam persaingan seperti ini penjual yang berjumlah banyak aktif
menghadapi pembeli yang banyak pula. Sehinmgga banyaknya penjual dan pembeli
ini akan mempersulit penjualan perseorangan untuk menjual dengan harga yang
lebih tinggi kepada pembeli yang lain.
e.
Biaya
Biaya
merupakan dasar dalam penentuan harga, sebab suatu tingkat harga yang tidak
dapat menutup biaya akan mengakibatkan kerugian. Dan sebaliknya apabila suatu
tingkat harga melebihi semua biaya akan menghasilkan keuntungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar