Powered By Blogger

Kamis, 22 Desember 2016

Fungsi Anggaran

. Untuk mendapatkan gambaran atas kegunaan dari anggaran dapat disamakan rute atau arah yang harus ditempuh untuk sasaran. Gunawan Adisaputro (1990: 21) mengemukakan tentang manfaat  penggunaan  budget sebagai  alat  perencanaan  dan pengawasan yakni :
1. Anggaran  sebagai alat penaksiran dan segi  manfaat yang dapat  diperoleh ini merupakan barang yang  paling  awal dari anggaran sebagai alat perencanaan.
2. Anggaran sebagai alat flapon dan sekaligus alat pengatur otorisasi, tahapan ini sudah setingkat lebih maju.
3. Anggaran  sebagai alat penilaian efisiensi  tahapan  ini merupakan tingkat perkembangan yang paling akhir. Dari  penjelasan  di atas, kegunaan  budget  terdapat  
pula  batas  atau kekurangan terdapat  penyusunan  anggaran yang patut di sadari bahwa kendati perusahaan sudah memili­ki  nudget, belum tentu manajemen secara  spontan  berhasil merealisir  tujuan  perusahaan, hal  ini  dapat  disebabkan karena  anggaran  itu sendiri masih terdapat  batasan  yang dikemukakan oeh Hartanto D, (1991: 135) menyatakan bahwa :
1. Dalam  budget  planning  menggunakan taksiran – taksiran (yang tidak selalu terdapat).


  1. Bahwa budget itu harus terus menerus disesuaikan  dengan keadaan yang berubah-ubah.
  2. Peranan anggaran berfungsi sebagai alat penentu  arah (alat  perencanaan). Anggaran sebagai flapon dan  sekaligus alat pengatur otorisasi, tahapan ini sudah setingkat  lebih maju.  Pada tahapan berikutnya anggaran boleh dirubah  asal perubahan ini mempunyai alasan tertentu yang dapat  diterima.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar