Sebenarnya laba yang diperoleh suatu
perusahaan merupakan pencerminan diri usaha-usaha perusahaan yang memberikan
kepuasan konsumen. Untuk mencapai hal itu, perusahaan harus dapat menyediakan
dan menjual barang atau jasa yang paling sesuai menurut konsumen dengan harga
yang dapat dijangkau tetapi tidak merugikan produsen artinya dengan harga yang
layak.
Dengan
demikian, sasaran perusahaan dalam melaksanakan tugas pokok tersebut serta
untuk mencapai tujuan sebagai unit usaha adalah meningkatkan volume
penjualannya, karena penjualan adalah sumber pendapatan bagi perusahaan.
Pengertian
penjualan berarti bahwa menyerahkan barang atau jasa aktivitas lainnya dalam
suatu periode dengan membebankan suatu jumlah tertentui pada langganan/
konsumen atau pembeli/ penerima barang atau jasa.
Penjualan
barang dagangan oleh sebuah perusahaan dagang biasanya hanya disebut
“Penjualan” (Soemarso, 1999 : 178) jumlah transaksi penjualan yang terjadi
biasanya cukup besar dibandingkan dengan
jenis transaksi yang lain. Beberapa perusahaan hanya menjual barangnya secara
tunai, perusahaan yang lain hanya menjualnya secara kredit, dan yang lain lagi
menjual barangnya dengan kedua syarat jua; beli tersebut.
Penjualan adalah suatu
proses pertukaran barang dan/ atau jasa antara penjua;l dan pembeli. Tugas
pokok adalah mempertemukan pembeli dan penjual. Hal ini dapat dilakukan secara
langsung atau melalui wakil mereka.
Fungsi penjualan mencakup sejumlah fungsi-fungsi sebagai berikut :
1.
Fungsi
perencanaan
2.
Fungsi
memberi kontrak ( contractual function )
3.
Fungsi
menciptakan permintaan (demand creation)
4.
Fungsi
,mengadakan perundingan (negotiation)
5.
Fungsi
kontraktual (contractual fungtion)
Pada umumnya, para pengusaha
mempunyai tujuan untuk mendapatkan laba tertentu (mungkin maksimal), dan
mempertahankan atau bahkan meningkatkannya untuk jangka waktu lama. Tujuan
tersebut dapat direalisasikan apabila penjualan dapat dilaksanakan seperti yang
direncanakan. Dengan demikian tidak berarti bahwa barang dan jasa yang terjual
selalu akan menghasilkan laba. Oleh karena itu pengusaha harus memperhatikan
beberapa faktor-faktor sebagai berikut :
1.
Modal
yang diperlukan
2.
Kemampuan
merencanakan
3.
Kemampuan
menentukan tingkat harga yang tepat
4.
Kemampuan
memilih penyalur yang tepat
5.
Kemampuan
menggunakan cara-casra promosi yang tepat
6.
Unsur
penunjang
Perusahaan, pada umumnya
mempunyai tiga tujuan umum dalam penjualan
yaitu
- Mencapai tujuan tertentu
- Mendapatkan laba tertentu
- Menunjang pertumbuhan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar