Powered By Blogger

Kamis, 22 Desember 2016

JENIS-JENIS MANAJER

Istilah manajer untuk seseorang yang bertanggung jawab atas bawahan dan sumber daya lainnya dalam organisasi. Dalam organisasi banyak jenis manajer, dengan mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berlainan. Berdasarkan kegiatan dalam tingkatan organisasi manajer dapat diklasifikasikan dalam dua cara yaitu manajer fungsional dan manajer umum.
  Manajer fungsional bertanggung jawab hanya  atas satu kegiatan organisasi, Seperti  produksi,  pemasaran, penjualan atau keuangan.
     Manajer umum yang membawahi unit yang lebih rumit, misalnya sebuah perusahaan, sebuah cabang, atau satu bagian operasuonal yang independen yang harus bertanggung jawab atas semua kegiatan unit itu, misalnya produksinya, pemasarannya, penjualannya dan keuangannya atau secara   keseluruhan manajemen organisasi. 
TINGKATAN MANAJEMEN :
1. Manajer puncak/manajemen puncak, yang terdiri dari kelompok yang relatif kecil yang bertanggung jawab secara keseluruhan manajemen organisasi, ia menetapkan kebijakan operasional dan membimbing intraksi organisasi dengan lingkungannya.
2.  Manajer menengah/ madya istilah manajemen menengah dapat mencakup lebih dari satu tingkatan dalam organisasi. Manajer menengah mengarah kegiatan manajer lain dan kadang-kadang juga mengarah pekerjaan operasional tanggung jawab yang utama adalah mengarahkan kegiatan pelaksanaan kebijakan organisasi, contohnya : menyelaraskan tuntutan atasan dengan kecakapan bawahan manajer pabrik dalam pabrik elektronik.
3. Manajer lini merupakan tingkatan manajer yang paling rendah dalam organisasi di mana seseorang bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain disebut manajemen lini pertama. Manajer lini pertama tidak membawahi manjemen lain.
     Contoh : Mandor, pengawas produksi dalam pabrik,  pengawas  tehnik  pada

                       pada bagioan riset, atau bisa disebut supervisor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar