Powered By Blogger

Kamis, 22 Desember 2016

Pengertian Cas Flow

Pada dasarnya setiap penanaman investasi mengandung dua macam aliran kas. Bambang Riyanto (1999: 98) aliran kas terdiri dari :
1. Aliran kas keluar netto ( net out flow cash ) yaitu yang diperlukan untuk investasi baru.
2. Aliran kas masuk netto tahunan (net anual inflow of cash), yaitu sebagai hasil dari investasi baru yang ini sering pula disebut net cash proceceeds atau cukup dengan istilah proceeds.
Berdasarkan pengertian di atas menunjukkan bahwa yang dianggap sebagai aliran kas keluar adalah sejumlah dana yang dikeluarkan untuk keperluan investasi, sedangkan aliran kas masuk secara netto tahunan adalah hasil dari investasi yang ditanamkan. Ada perbedaan pengertian antara cash flow atau proceeds dengan laba yang dilaporkan dari laporan keuangan. Laporan keuangan akan menujukkan data tentang laba yang  belum tentu menunjukkan kas perusahaan, karena ada pos yang dianggap pengeluaran menurut laporam rugi laba sementara itu konsep cash flow menganggap bukan pengeluaran. Pos yang dianggap pengeluaran menurut laporan rugi laba adalah depresiasi. Oleh karena itu pada konsep cash flow dapatlah dihitung dengan metode proceeds atau cash flow dengan menggunakan rumus (Subajah E. 2000: 32), yaitu :
1. Kas masuk bersih = laba  setelah  pajak  +  penyusutan :kalau kita menganggap bahwa proyek tersebut dibelanjai dengan modal sendiri seluruhnya.

2. Kas  masuk  bersih = laba  setelah  pajak + penyusutan + bunga ( 1 - Tax ) : kalau proyek tersebut dibelanjai sebagian dengan modal pinjaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar