Powered By Blogger

Kamis, 22 Desember 2016

Pengertian Pemasaran

Jika seorang bertanya apa itu pemasaran, mereka akan menanggapinya dengan beberapa penjabaran. Pemasaran mengarahkan jauh lebih banyak kegiatan dari pada yang didasari dari kebanyakan orang. Karena pemasaran dipraktekkan dan dipejari dengan berbagai alasan, maka pemasaran telah dan akan terus didefinisikan dengan berbagai cara, seperti pengertian yang dikemukakan oleh American Marketing Association (AMA) yang diterjemahkan oleh Sofyan Assauri (2002: 4) bahwa pemasaran adalah proses perencanaan, dan pelaksanaan rancangan, penetapan harga promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran organisasi.
            Indriyo Gitosudarmo (1994: 1) mengartikan bahwa pemasaran bahwa suatu bagian kegiatan yang mengusahakan agar produk yang dipasarkan dapat diterima dan disenangi pasar.
            Sedangkan Basu Swastha (2000: 5) mengatakan bahwa pemasaran bahwa salah satu kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa kepada kelompok pembeli.
            Philip Kotler (2002: 6)  mengemukakan bahwa pemasaran adalah suatu proses sosial  dan manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan produk dan nilai dengan pihak lain.
            Semua organisasi melakukan kegiatan pemasaran untuk memudahkan pertukaran. Baik organisasi bisnis maupun non bisnis. Agar pertukaran dapat terjadi, ada empat syarat yang harus dipenuhi oleh bagian pemasaran, yaitu :
1.      Dua atau lebih individu, atau organisasi harus ikut serta.
2.      Setiap pihak harus memiliki sesuatu yang bernilai yang diinginkan oleh pihak lain.
3.      Setiap pihak harus rela melepaskan "sesuatu yang berniali" yang dimilikinya untuk menerima "sesuatu yang bernilai" yang dipegang oleh pihak lain. Dengan tujuan dari sebuah pertukaran pemasaran adalah untuk memperoleh sesuatu yang lebih diinginkan daripada sesuatu yang harus dilepaskan untuk memperoleh hal tersebut di atas, yaitu imbalan yang lebih tinggi dari pada biaya.
4.      Pihak-pihak dalam pertukaran tersebut harus mampu berkomunikasi satu sama lain untuk menyatakan tersedianya sesuatu yang bernilai yang mereka miliki.

            Dari empat persyaratan dalam memasarkan hasil produksi yang telash dikemukakan di atas, maka jelas bahwa pemasaran mempunyai arti yang lebih luas dan membutuhkan suatu keahlian untuk merencanakan, menganalisa serta mengawasi program-program yang akan disusun untuk menciptakan hubungan yang saling menguntungkan dalam pasar. Sasaran yang diinginkan untuk kepuasan antara kedua belah pihak yaitu produsen dan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar