Powered By Blogger

Kamis, 22 Desember 2016

Pengertian Akuntansi Pertanggung Jawaban

Akuntansi pertanggungjawan merupakan salah satu tipe informasi akuntansi manajemen yang digunakan dalam proses pengendalian manajemen yang menenkankan pada hubungan antara informasi manajer yang bertanggungjawab terhadap perencanaan dan pelaksanaannya.
Secara umum akuntansi pertanggunjawaban diartikan sebagai suatu sistem dalam akuntansi yang menghendaki adanya pusat-pusat pertanggungjawaban dalam suatu perusahaan secara tegas dan jelas. Suatu pusat pertangungjawaban ada dalam perusahaan karena adanya pendelegasian wewenang kepada seseorang yang memimpin pertanggungjawaban. Maksud pendelegasian wewenang adalah untuk merencanakan kegitan-kegiatan dalam pusat pertangungjawaban yang dipimpin serta dapat mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan-kegiatan yang dilaksanaan kepada pimpinan yang lebih tinggi tingkatnya.
Informasi akuntansi pertangggungjawaban merupakan informasi biaya pendapatan dan aktiva yang dihubungkan dengan manajer yang bertanggungjawab terhadap pusat pertanggungjawaban tertentu. Informasi akuntansi pertanggung jawaban menyiapkan informasi yang pentig dalam proses pengendalian manajemen, karena informasi tersebut menekankan hubungan antara infomasi dengan manajer yang bertanggungjwab terhadap perencanaan dan pelaksanaannya.
Berikut ini, definisi akuntansi pertanggungjawaban menurut Bambang Haryadi (1999 : 108) adalah akuntasi yang dikaitkan dengan berbagai pusat pengabilan keputusan dalam struktur organisasi untuk memudahkan pengendalian biaya yang menjadi tanggungjawab pusat-pusat.
Sedangkan menurut Mulyadi (2003 : 41) akuntasi pertanggungjawaban adalah sistem akuntansi biaya menurut pusat-pusat pertanggungjawaban yang dalam suatu organisasi.
Dari definisi yang dikemukakan di atas, maka dapat ditarik suatu kesimpulan yaitu sebagai berikut :
1.      Akuntansi pertanggungjawaban adalah suatu sistem akuntasi yang menghasilkan informasi tentang prestasi manajer sesuai dengan tingkat tanggungjawab didalam struktur organisasi.
2.      Akuntansi pertanggungjawaban merupakan suatu sistem yang merupakan adanya pusat-pusat pertanggungjawaban.
3.      Adanya sistem pelaporan tentang informasi mengenai rencana dan realisasi yang digunakan untuk mengevaluasi dan memberikan motivasi untuk kepentingan organisasi.
Akuntansi pertanggungjawaban dikenal dengan adanya pusat-pusat pertanggungjawaban. Setaip aktivitas untuk dibandingkan dengan anggaran berdasarkan faktor yang dikendalikan oleh manajer pusat pertanggungjawaban yang bersangkutan.

Akuntansi pertanggungjawaban memberikan kemudahan bagi pimpinan perusahaan dalam pendelegasian pengambilan keputusan. Manajer pada tingkat yang paling rendah diberikan wewenang atas suatu bagian yang lebih kecil dan oleh akuntansi pertanggungjawaban akan dievaluasi mengenai prestasinya, sehingga selain pimpinan memperoleh informasi, akuntansi pertanggungjawaban juga dapat memberikan motivasi bagi setiap manajer melalui pelaporan pelaksanaan (performance).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar