Powered By Blogger

Kamis, 22 Desember 2016

PENGANTAR MANAJEMEN

Manajemen dari Bahasa Inggeris yang berasal dari Kata To Manage, yang berarti bahwa ada sekelompok orang yang memerlukan bimbingan dan pengarahan serta pengawasan dalam sesuatu pekerjaan serta ada juga seorang siap untuk menjadi pembimbing (pimpinan). 
Kata To Manage dijelaskan dalam bahsa Italia dengan istilah Managgio, yang berarti dalam membimbing dan pengarahkan serta pengawasan yang terlaksana dengan secara saksama yang memerlukan pengelolaan sumber daya yang akhirnya dapat disimpulkan menjadi manajemen.
Manajemen sama tunya dengan pradaban di Yunani kuno dan kerajaan Romawi, yang ditemukan pembuktian dari manajemen dalam arsip sejarah pemerintahan, tentara dan pengadilan-pengadilan. Pada pertengahan pertama abad ke 19, manajemen sudah membuat kemajuan setara dengan peningkatan alat-alat produksi merupakan perangsang dalam menentukan biaya produksi mulai digunakan dan ukuran kerja mulai digunakan.
Sekitar tahun 1939, prinsip bahwa manusia merupakan pertimbangan terpenting dalam manajemen mendapat angin dan menyebabkan banyak orang berpaling kepada penelitian perilaku manusia.  Beberapa dasawarsa kemudian tersedialah "Computer" yang membawa bersamanya penekanan yang lebih besar pada metode-metode analisa kuantitatif dalam manajemen. 
Dengan memperhatikan perkembangan pada jaman sekarang pada akhirnya masuk pada pendekatan-pendekatan lain, seperti pengambilan keputusan dan analisa-analisa ke dalam sistem-sistem ke dalam arus utama tentang pemikiran pola manajemen.
Pendekatan utama dalam manajemen sebagai teori-teori atau aliran-aliran manajemen, maka beberapa teori merintis bidang-bidang yang baru sama sekali

manajemen adalah suatu kelompok pembahasan yang universal dan konsep-konsep penarik bagi para penelitidan para praktisidari bidang-bidang ilmu ekonomi, psikologi, sosiologi, ilmu politik dan matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar