Harga merupakan ukuran untuk
dapat mengetahui berapa besar nilai suatu barang dan jasa. Harga turut
menentukan berhasil tidaknya akan laku dipasaran, karena harga merupakan nilai
dari suatu barang yang dinyatakan dalam satuan uang. Selain itu juga harga
dipakai sebagai patokan atau titik permulaan bagi penentuan harga lainnya atau
harga merupakan saran penghubung antara pembeli dan penjual. Artinya harga
ditentukan oleh permintaan dan penawaran akan suatu produk barang atau
jasa.
Basu Swastha (1999 : 147) memberikan definisi tentang
harga, yaitu harga adalah merupakan jumlah uang atau barang (ditambah beberapa
barang kalau memungkinkan) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi
dari produk dan pelayanannya.
Perusahaan menginginkan harga yangf lebih tinggi, akan
tetapi masyarakat sudah mengetahuiu situasi dan harga, pihak produsen perlu
menjamin kualitas produksi, sehingga tidak ada tanggapan lain dari konsumen
atau kurang puas.
Harga sebagai suatu standar nilai barang dan jasa,
sehingga harga itu sangat penting ditentukan Cuma perlu ditekankan bahwa untuk
ingin memiliki suatu barang tersebut seseorang membayar dengan sejumlah uang
untuk mengumpulkan barang dan sudah termasuk pelayanan yang diberikan oleh
penjual. Bahkan penjual juga mengharapkan keuntungan dari harga tersebut.
Kemudian Nitisemito (2000 : 11) memberikan batasan
mengenai harga yaitu harga adalah suatu barang dan jasa yang diakui dengan
sejumlah uang dimana berdasarkan nilai tersebut atau perusahaan bersedia
melepaskan barang atau jasa yang dimilikinya kepada orang lain.
Harga menunjukkan pula terlaksananya suatu transaksi
pembelian yang dapat terjadi, jika pembeli dan penjualtelah secara
bversama-sama sepakat pada suatu tingkat harga tertentu dari suatu produk yang
dijual, sehingga dengan demikian perusahaan dalam hal ini melaksanakan kegiatan untuk pemasarannya tidak terlepas
diri dari suatu penentuan harga produk yang akan ditawarkan.
Dengan demikian, harga mempunyai peranan serta fungsi
yang tidak dapat dipisahkan dengan fungsi-fungsi lainnya seperti halnya
produksi, pemasaran juga pembelanjaan dan fungsi-fungsi lainnya.
Perusahaan dalam
menjalankan aktivitasnya sesuai dengan obyek penelitian dalam hal penetapan
harga jual kepada langgan selalu memperhatikan berbagai pertimbangan seperti
harga pada perusahaan lain, daya belu masyarakat, pengawasan dan pengendalian
harga oleh pemerintah dan lain
pertimbangan tentang biaya produksinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar