1. Pengertian Pelayanan Prima
Menurut
Philip Kotler, Dasar-dasar Perbankan dalam Malayu Hasibuan (2002: 152) mengemukakan pelayanan atau service adalah setiap
kegiatan atau manfaat yang dapat diberikan suatu pihak kepada pihak lainnya
yang pada dasarnya tidak terwujud dan tidak pula berakibat pemilikan sesuatu
dan prduksinya dapat atau tidak dapat dikaitkan dengan suatu produk fisik
Malayu Hasibuan dalam bukunya Dasar-Dasar
Perbankan (2002: 152), mendefinisikan pelayanan adalah kegiatan pemberian jasa
dari suatu pihak kepada pihak lainnya. Pelayanan yang baik adalah pelayanan
yang dilakukan secara ramah-tamah, adil cepat, dan dengan etika yang baik
sehingga memahami kebutuhan dan kepuasan bagi yang menerimanya.
Sedangkan menurut Kasmir dalam bukunya Etika Customer Service
(2005: 310) pelayanan yang baik adalah kemampuan perusahaan dalam memberikan
kepuasan kepada pelanggan dengan standar yang telah ditetapkan. Kemampuan tersebut ditunjukkan oleh sumber
daya manusia dan sarana serta pelaksana yang dimiliki. Dalam penerapan konsep
mengutamakan kepentingan pelanggan atau nasabah, bank memerlukan pelayanan
prima.
Pelayanan prima atau layanan unggul itu
sendiri adalah bagaimana memberikan layanan maksimal kepada nasabah dan
kesigapan dalam mengatasi permasalahan yang muncul secara profesional.
Pelayanan ini kemudian akan meninggalkan kesan kepada nasabah sehingga mereka
akan seterusnya datang kembali untuk berbisnis dengan bank itu. Pelayanan prima
mencerminkan pendekatan seutuhnya dari seorang karyawan bank kepada nasabah
Setiap perusahaan memerlukan pelayanan
prima, yang dimaksud dengan pelayanan prima adalah, suatu sikap atau cara
karyawan dalam melayani pelanggan secara memuaskan.
Menurut Malayu Hasibuan dalam bukunya
Dasar-Dasar Perbankan (2001 ; 150), bentuk-bentuk pelayanan prima yang baik
adalah pelayanan yang dilakukan dengan ramah,cepat,tepat,dan nyaman sehingga
memenuhi kepuasan nasabahnya.
1. Kecepatan,
pelanggan sangat menginginkan pelayanan yang serba cepat dan tidak memakan
waktu yang lama.
2. Ramah, untuk
menciptakan kerjasama yang baik keramahan merupakan kunci keberhasilan suatu
pelayanan.
3. Ketepatan,
pelayanan yang cepat harus disertai dengan ketepatan sesuai dengan keinginan
nasabah.
4. Waktu, suasana
yang nyaman sangat berpengaruh dalam membangun kinerja karyawan serta
menerapkan nasabah yang loyal.
2. Manfaat Pelayanan
Prima
Beberapa manfaat yang dapat diperoleh
perusahaan dalam melaksanakan pelayanan prima yaitu :
1. Meningkatkan citra
perusahaan
Berawal
dari tingkat persaigan yang semakin tajam diantara para pesaing. Maka perusahan
harus meningkatkan pelayanan terhadap nasabah dengan cara mengadakan pendidikan
mengenai pelayanan prima
2.
Merupakan promosi bagi bank
Dengan
memberikan pelayanan prima kepada nasabah dan merasa terpuaskan kebutuhannya,
maka nasabah akan menceritakan kepada orang lain. Penyampaian informasi itu
merupakan promosi gratis bagi perusahaan.
2.
Menciptakan kesan
pertama yang baik
Apabila
kita terbiasa dengan pelayanan prima yang kita berikan pada setiap nasabah,
terutama calon nasabah akan mendapatkan kesan pertama yang lebih mendalam,
karena pelayanan yang kita berikan sesuai dengan kebutuhan yang dinginkan.
3. Meningkatkan daya saing perusahaan
Semakin
tajamnya persaingan, biasanya perusahaan berlomba-lomba memberikan hadiah. Ada
nasabah yang senang dengan hadiah, tetapi tidak semua nasabah akan tertarik
dengan hal itu. Ada nasabah yang akan lebih senang lagi apabila memperoleh
pelayanan yang prima.
4. Meningkatkan laba
dalam jangka panjang
Pelayanan
prima yang telah diberikan kepada para nasabah dan calon nasabah akan
memberikan dampak kepuasan nasabah yang berkesinambungan. Artinya nasabah akan
menjadi loyal sehingga memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam jangka
panjang. Keuntungan jangka panjang tersebut akan memberikan posisi perusahaan
semakin kuat dalam persaingan bank mencari nasabah.
Banyak bank selalu ingin dianggap yang
terbaik dimata pelanggan atau nasabahnya karena nasabahnya akan menjadi
pelanggan setia terhadap produk yang ditawarkan. Disamping itu, bank juga
berharap pelayanan yang diberikan kepada pelanggan akan dapat ditularkan kepada
calon pelanggan lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar