Sebagaimana diketahui bahwa sasaran utama dalam dunia
perbankan adalah pemuasan pelayanan kepada para nasabah untuk mencapai tujuan
tersebut, maka setiap bank mengadakan strategi kerjanya, meningkatkan kerja
(performance) perusahaan itu sendiri, namun bagaimana mereka melaksanakan
strategi itu caranya berbeda-beda antara bank satu dengan bank yang lainnya.
Strategi
(program) pemasaran terlebih dahulu direncanakan kemudian diorganisir,
diarahkan dan diawasi. Bank harus memberikan sasaran pemasaran antara lain
menciptakan kepercayaan masyarakat yang lebih baik terhadap bank. Bank haruis
memberikan penggolongan yang jelas pada setiap produk dan setiap pelayanan. Hal
ini membantu untuk memperrtajam semua unsur-unsur strategi (program) pemasaran
perusahaan.
O.P
Simorangkir (1998: 39) strategi pemasaran jasa bank adalah suatu pemasaran
terpadu (mix marketing) yang diciptakan untuk memuaskan keinginan / kebutuhan
para nasabah.
Strategi
pemasaran bank merupakan suatu keputusan pemasaran terpadu yang diteliti
kesinambungannya dan diberikan identitasnya yang jelas agar sasaran tercapai. Hal
ini membantu pula membina keinginan nasabah, karena sasaran bank jelas
memberikan kepuasan kepada nasabah bank.
Selanjutnya,
O.P. Simorangkir (1998: 40) untuk melaksanakan pemasaran terpadu terhadap jasa
bank harus memperhatikan atau menentukan empat nasabah yang terpisah, yaitu
mengenai produk, promosi dan harga.
Dalam
masalah pemasaran terpadu apabila suatu daerah lemah, mungkin daerah lain dapat
mengimbangi kelemahan-kelemahan tersebut. Pada suatu kantor cabang yang berada dilokasinya tidak wajar atau
terpencil, sebaiknya meningkatkan promosinya agar menarik perhatian nasabah.
Atau suatu bank yang harus dibuka ditempat yang baru mungkin harus menawarkan
harga yang memuaskan untuk mengatasi persaingan. Dengan bank-bank lainnya.
Dengan adanya kantor cabang baru berkantor dilokasi yang bsik, mungkin tidak
begitu membutuhkan promosi. Mungkin saingan mempunyai pilihan strategi dengan
mengadakan promosi secara besar-besaran sehingga akan mengeluarkan biaya yang
lebih besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar