Powered By Blogger

Kamis, 22 Desember 2016

Strategi Pemasaran Jasa Bank

Sebagaimana diketahui bahwa sasaran utama dalam dunia perbankan adalah pemuasan pelayanan kepada para nasabah untuk mencapai tujuan tersebut, maka setiap bank mengadakan strategi kerjanya, meningkatkan kerja (performance) perusahaan itu sendiri, namun bagaimana mereka melaksanakan strategi itu caranya berbeda-beda antara bank satu dengan bank yang lainnya.
            Strategi (program) pemasaran terlebih dahulu direncanakan kemudian diorganisir, diarahkan dan diawasi. Bank harus memberikan sasaran pemasaran antara lain menciptakan kepercayaan masyarakat yang lebih baik terhadap bank. Bank haruis memberikan penggolongan yang jelas pada setiap produk dan setiap pelayanan. Hal ini membantu untuk memperrtajam semua unsur-unsur strategi (program) pemasaran perusahaan.
            O.P Simorangkir (1998: 39) strategi pemasaran jasa bank adalah suatu pemasaran terpadu (mix marketing) yang diciptakan untuk memuaskan keinginan / kebutuhan para nasabah.
            Strategi pemasaran bank merupakan suatu keputusan pemasaran terpadu yang diteliti kesinambungannya dan diberikan identitasnya yang jelas agar sasaran tercapai. Hal ini membantu pula membina keinginan nasabah, karena sasaran bank jelas memberikan kepuasan kepada nasabah bank.
            Selanjutnya, O.P. Simorangkir (1998: 40) untuk melaksanakan pemasaran terpadu terhadap jasa bank harus memperhatikan atau menentukan empat nasabah yang terpisah, yaitu mengenai produk, promosi dan harga.

            Dalam masalah pemasaran terpadu apabila suatu daerah lemah, mungkin daerah lain dapat mengimbangi kelemahan-kelemahan tersebut. Pada suatu kantor  cabang yang berada dilokasinya tidak wajar atau terpencil, sebaiknya meningkatkan promosinya agar menarik perhatian nasabah. Atau suatu bank yang harus dibuka ditempat yang baru mungkin harus menawarkan harga yang memuaskan untuk mengatasi persaingan. Dengan bank-bank lainnya. Dengan adanya kantor cabang baru berkantor dilokasi yang bsik, mungkin tidak begitu membutuhkan promosi. Mungkin saingan mempunyai pilihan strategi dengan mengadakan promosi secara besar-besaran sehingga akan mengeluarkan biaya yang lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar