Powered By Blogger

Kamis, 22 Desember 2016

Pengertian Efisiensi dan Efektif

Kata efisien menjadi efisiensi adalah pencapaian suatu tujuan dengan perhitungan dari segala pengeluaran biaya yang seminimal mungkin, dan  waktu yang turut berpengaruh dalam hal sesuatu yang ingin dicapai. Pencapaian tujuan dengan memperhitungan segala pengeluaran berarti ada efisiensi biaya yang minimal.
Dalam usaha untuk memaksimalkan suatu kegiatan tentunya sangat berhitung dari segi waktu yang telah mempunyai shkedul dari segala pekerjaan yang akan dikerjakan, sehingga bisa tepat waktu yang ditentukan.
The Liang Gie (1999: 30) menyatakan efisiensi  adalah suatu kegiatan terbaik antara usaha dengan hasilnya, antara suatu kerja dengan hasil yang dicapai untuk mencapai tujuan, yaitu :
1) Hasil maksudnya  adalah suatu  pekerjaan  dapat  disebut efisien kalau dengan usaha tertentu dapat memberikan hasil yang maksimal mengenai mutu atau jumlah satuan hasil itu atau dengan kata lain perkataan terjamin kualitas dan kuantitasnya.
2) Usaha, maksudnya adalah suatu pekerjaan dapat dikatakan efektif jika satua hasil tertentu tercapai suatu tujuan yang diinginkan.
3) Keberhasilan, maksudnya sesuatu aktivitas dianggap berhasil apabila kegiatan itu sesuai dengan rencana semula.                                                         
          Kalau efektif adalah usaha pencapaian prestasi yang sebesar-besar4nya dari suatu kegiatan untuk mencapai tujuan, The Liang Giei (1998 : 30) menyatakan bahwa efektif adalah suatu kegiatan terbaik antara usaaha dengan hasilnya, antara suatu kegiatan hasil yang dicapai untuk mencapai tujuan, yaityu :
1.      Hasil adalah suatu pekerjaan dapat disebut efektif kalau dengan usaha tertentu dapat memberikan hasil yang maksimal mengenai mutu atau jumlah satuan hasil itu atau dengan kata lain terjamin kualitas dan kuantitasnya.
2.      Usaha adalah suatu pekerjaan dapat diketakan efektif suatu hasil tertentu tercapai suatu tujuan.

   Efektivitas juga tidak terlepas dari beberapa pengaruh dai pekerja itu sendiri. Kemampuan seorang pimpinan karyawan untuk bekerja secara efektif bukanlah bakat yang dibaca sejak lahir, melainkan dapat ditumbuh kembangkan atau ditingkatkan serta dibiasakan. Kemampuan tersebut lebih banyak merupakan hasil latihan, pemahaman dan menghayatan, kemudian sampaimenjadi kebiasaaan. Bahkan dapat dikatakan bahwa dalam diri seseorang sebenarnya sudah ada kecenderungan untuk berbuat secara efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar