Powered By Blogger

Kamis, 22 Desember 2016

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Bauran pemasaran (marketing mix) adalah suatu istilah yang dipergunakan untuk gabungan di dalam menentukan 4 (empat) masalah yang terpisah, yaitu mengenai produk, lokasi, promosi dan harga. Dari empat P'S dalam marketing mix, sebagai berikut :
·         Produk, adalah merupakan suatu rangkaian daripada pemecahan masalah dalam hal produk khususnya produk perbankan, maka akan timbul beberapa pertanyaan dan masalah diantaranya : Pelayanan apa yang diperlukan dan dibutuhkan ? jam berapa nasabah membutuhkan pelyanan ? Untuk suatu pelayanan, nama apakah yang paling menarik disebut ? Apakah kita mengadakan penawaran yang jaraknya cukup luas dan memilih dalam suatu jenis pelayanan.
·         Harga (price), adalah bagian daripada perhitungan seluruh unsur-unsur biaya selama proses produksi, sehingga dapat ditentukan harga yang layak ditetapkan ada hasil produksi barang. Apakah harga yang wajar untuk pemasaran terpadu ? Bagaimana mengkalkulasikan kepuasan nasabah yang ditawarkan ? Bagaimana memperhitungkan biaya ?  bagaimana pengaruh saingannya ? dan sebagainya.
·         Promosi (Promotion), adalah untuk memperkenalkan suatu produk kepada masyarakat umum, utamanya produk bank siapakah nasabah itu, dimana mereka berada. Apa yang dibutuhkan, dan bagaimana berkomunikasi secara meyakinkan dengan mereka ? apakah yang akan kita katakan ? sasaran komunikasi apa yang kita gunakan ? kapan akan dilakukan ?.
·         Lokasi (Place), adalah penentuan dimana paling cocok lokasi perusahaan apakah dekat dengan produksen ataukah dekat dengan konsumen, dimanakah kemungkinan lokasi kantor atau unit. Bentuk pelayanan apa yang ada pada lokasi ?
            Penjualan jasa perbankan adalah bidang jasa yang mempesona bagi pembelian profesional, mulanya pada bankir meremehkan penjualan jasa produk, tetapi karena saingan cukup dan hanya duduk menunggu costumer datang kepada mereka.     
            Semua itu kini berubah, para bankir tidak lagi menjadi penyedia poduk perbankan dan pelayanan financial yang eksklusif / khusus, mereka tidak hanya bersaing dengan bank komersial lainnya tetapi juga harus menghadapi masuknya berbagai type lembaga keuangan ke dalam kehidupan / suasana bisnis mereka yang tradisonal.
            Penjualan merupakan salah satu bagian yang utama dalam penerimaan keuntungan dan dalam rangka menghadapi persaingan budaya penjualan diterapkan semua pegawai bank harus mengambil penjualan produk dan jasa bank, baik dalam jumlah besar maupun kecil, disamping itu juga mengutamakan strategi dalam meningkatkan pemasaran produk bank pada masyarakat umum yang disertai dengan penyuluhan..
            Bisnis perbankan adakah kalanya berubah-ubah sebagai akibat dari tantangan pasar, maka tak peka lagi industri perbankan merasa perlu melakukan penyesuaian/ pendekatan dengan cara-cara yang jitu untuk menarik melayani dan mempertahankan costumer.
            Teknologi kini mengarah pada pengembangan produk dan jasa-jasa perbankan baru yang lebih baik, hal mana menambah merumitan pekerjaan. Produk dan jasa perbankan yang lebih banyak dan lebih baik mengharuskan orang-orang yang berhubungan dengan costumer memiliki lebih banyak pengetahuan dan kemampuan komunikasi secara lebih efektif, pada saat yang bersamaan costumer juga semakin kompleks.
1.      Perusahaan-perusahaan yang berusaha menonjolkan produk dan jasa mereka melalui peranan costumer service.
2.      Sikap mental yang benar

3.      Pengendalian emosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar