Bauran pemasaran (marketing mix) adalah suatu istilah
yang dipergunakan untuk gabungan di dalam menentukan 4 (empat) masalah yang
terpisah, yaitu mengenai produk, lokasi, promosi dan harga. Dari empat P'S
dalam marketing mix, sebagai berikut :
·
Produk, adalah
merupakan suatu rangkaian daripada pemecahan masalah dalam hal produk khususnya
produk perbankan, maka akan timbul beberapa pertanyaan dan masalah diantaranya
: Pelayanan apa yang diperlukan dan dibutuhkan ? jam berapa nasabah membutuhkan
pelyanan ? Untuk suatu pelayanan, nama apakah yang paling menarik disebut ?
Apakah kita mengadakan penawaran yang jaraknya cukup luas dan memilih dalam
suatu jenis pelayanan.
·
Harga (price),
adalah bagian daripada perhitungan seluruh unsur-unsur biaya selama proses
produksi, sehingga dapat ditentukan harga yang layak ditetapkan ada hasil
produksi barang. Apakah harga yang wajar untuk pemasaran terpadu ? Bagaimana
mengkalkulasikan kepuasan nasabah yang ditawarkan ? Bagaimana memperhitungkan
biaya ? bagaimana pengaruh saingannya ?
dan sebagainya.
·
Promosi
(Promotion), adalah untuk memperkenalkan suatu produk kepada masyarakat umum,
utamanya produk bank siapakah nasabah itu, dimana mereka berada. Apa yang
dibutuhkan, dan bagaimana berkomunikasi secara meyakinkan dengan mereka ?
apakah yang akan kita katakan ? sasaran komunikasi apa yang kita gunakan ?
kapan akan dilakukan ?.
·
Lokasi (Place),
adalah penentuan dimana paling cocok lokasi perusahaan apakah dekat dengan
produksen ataukah dekat dengan konsumen, dimanakah kemungkinan lokasi kantor
atau unit. Bentuk pelayanan apa yang ada pada lokasi ?
Penjualan
jasa perbankan adalah bidang jasa yang mempesona bagi pembelian profesional,
mulanya pada bankir meremehkan penjualan jasa produk, tetapi karena saingan
cukup dan hanya duduk menunggu costumer datang kepada mereka.
Semua
itu kini berubah, para bankir tidak lagi menjadi penyedia poduk perbankan dan
pelayanan financial yang eksklusif / khusus, mereka tidak hanya bersaing dengan
bank komersial lainnya tetapi juga harus menghadapi masuknya berbagai type
lembaga keuangan ke dalam kehidupan / suasana bisnis mereka yang tradisonal.
Penjualan
merupakan salah satu bagian yang utama dalam penerimaan keuntungan dan dalam
rangka menghadapi persaingan budaya penjualan diterapkan semua pegawai bank
harus mengambil penjualan produk dan jasa bank, baik dalam jumlah besar maupun
kecil, disamping itu juga mengutamakan strategi dalam meningkatkan pemasaran
produk bank pada masyarakat umum yang disertai dengan penyuluhan..
Bisnis
perbankan adakah kalanya berubah-ubah sebagai akibat dari tantangan pasar, maka
tak peka lagi industri perbankan merasa perlu melakukan penyesuaian/ pendekatan
dengan cara-cara yang jitu untuk menarik melayani dan mempertahankan costumer.
Teknologi
kini mengarah pada pengembangan produk dan jasa-jasa perbankan baru yang lebih
baik, hal mana menambah merumitan pekerjaan. Produk dan jasa perbankan yang
lebih banyak dan lebih baik mengharuskan orang-orang yang berhubungan dengan
costumer memiliki lebih banyak pengetahuan dan kemampuan komunikasi secara
lebih efektif, pada saat yang bersamaan costumer juga semakin kompleks.
1.
Perusahaan-perusahaan
yang berusaha menonjolkan produk dan jasa mereka melalui peranan costumer
service.
2.
Sikap mental yang
benar
3. Pengendalian emosi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar