Powered By Blogger

Kamis, 22 Desember 2016

PERKEMBANGAN PEMBELANJAAN PERUSAHAAN

Sebagaimana diketahui bahwa pembelanjaan perusahaan dalam berbagai bentuk sekarang ini adalah hasil dari perkembangan selama hampir satu abad. Pada mulanya Pembelanjaan perusahaan lebih menekankan pada perolehan dana perusahaan.
            Pembelanjaan perusahaan sampai pada permulaan tahun lima pulihan dikuasai oleh pendekatan tradisional yang telah dikembangkan selama tahun dua puluhan dan tiga puluhan, yaitu mempelajari pembelanjaan perusahaan dilihat dari sudut pandang orang luar perusahaan, misalnya dari pihak kreditur dan investor dan tidak menekankan pada pengambilan keputusan di dalam perusahaan.  
            Dengan demikian dapatlah dikatakan bahwa modal aktif ialah modal yang tertera disebelah debet yang menggambarkan bentuk-bentuk dalam mana seluruh dana yang diperoleh perusahaan ditanamkan, sedangkan pengertian modal pasif ialah modal yang tertara disebelah kredit dari neraca yang menggambarkan sumber-sumber dari mana dana diperoleh.

            Apabila pengertian modal aktif dan pasif disatu pihak dihubungkan dengan pengertian modal abstrak dan kongret di lain pihak, maka dapatlah dikatakan bahwa modal aktif itu termasuk dalam modal kongret, sedangkan modal pasif termasuk dalam pengertian modal abstrak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar