Powered By Blogger

Kamis, 22 Desember 2016

Syarat-syarat Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban

Sistem akuntansi pertanggungjawaban dapat dikatakan berhasil, jika suatau rencana (anggaran) yang disusun oleh manajemen dapat direalisasikan. Agar sistem akuntansi pertanggungjawaban dapat diterapkan dan dilaksanakan dengan baik oleh suatu organisasi perusahaan, maka diperlukan beberapa syarat yang perlu dipenuhi.
Syarat-syarat yang harus dipenuhi menurut Mulyadi (2001 : 412) adalah sebagai berikut :
1.      Struktur organisasi yang menerpakan secara tegas sesuai wewenang dan tanggungjawab setiap tindakan manajemen.
2.      Anggaran biaya disusun menurut pusat pertanggungjawaban.
3.      Penggolongan biaya sesuai dengan dapat tidaknya dikendalikan oleh para manajer pusat pertanggungjawaban.
4.      Sistem akuntansi biaya yang disesuaikan dengan struktur organisasi
5.      Sistem pelaporan biaya kekpada manajer yang bertanggungjawab.
ad 1. Struktur organisasi yang menerapkan secara tegas wewenang dan tanggungjawab setiap tindakan manajemen.
Struktur organisasi yang menetapkan secara tegas wewenang dan tanggungjawab tiap angkatan manajemen. Struktur organisasi yang baik adalah struktur yang mampu menghubungkan wwenang dan tanggungjawab dalam organisasi itu sendiri dengan tanggungjawab biaya secara langsung. Penggunaan biaya atau pelaksanaan anggaran harus pada tingkat pimipinan suatu pusat pertanggungjawaban dimana biaya itu terjadi, sehingga akan memudahkan menunjuk siapa yang bertanggungjawab. Dari pusat pertanggungjawaban dalam organisasi tersebut disusun laporan yang menunjukkan prestasi setia pimpinan yang bertanggungjawab atas biaya yang dapat dikendalikan.
Untuk itu dalam penyusunan sistem akuntansi sesuai pertanggungjawaban selalu didahului denagn pembebanan terhadap struktur dan proses organisasi manajemen serta penyesuaian antara sistem akuntansi pertanggungjawaban dngan keadaan organisasi.
ad 2. Anggaran biaya disusun menurut pusat pertanggungjawaban.
Anggaran menghendaki adanya organisasi yang baik, dimana tiap-tiap manajer mengetahui wewenang dan tangungjawabnya masing-masing. Dengan demikian, jika terjadi suatu hal yang tidak sesuai dengan yang direncanakan dalam anggaran akan mudah siap yang bertangungjawab.
Untuk tujuan pengendalian biaya, anggaran biaya harus disusun sesuai dengan tingkatan manajemen dalam organisasi. Tiap-tiap bagain dalam pusat pertanggungjawaban menyerahkan biayanya kepada manajer diatasnya, kemudian oleh manajer pusat pertanggungjawaban menyerahkan rancangan-rancangan anggaran tersebut untuk kemudian dikoordinasikan dan diselaraskan satu sama lain oleh komite anggaran. Setiap perubahan yang dilakukan terhadap rancangan anggaran harus dirundingkan dan diberitahukan kepada manajer penyusunan anggaran biaya, sehingga menciptakan peran serta dan komitmen mereka dalam mencapai target yant ditetapkan. Dengan demikian, tiap-tiap manajer akan meras bahwa anggaran biaya untuk pusat pertanggungjawaban yang dipimpinnya adalah anggarannya sendiri, sehingga pada saat pertanggung jawaban merek akan dapat bersedia dinilai berdasarkan tolak ukur anggaran.
Pada hekekatnya anggaran biaya hanyalah alat Bantu dan petunjuk saja, karena pada akhirnya ukuran keberhasilan tergantung pada aktivitas para pelaksanaannya, tetapi anggaran biaya merupakan salah satu alat untuk dapat mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan terlebih dahulu, bukan merupakan alat Bantu untuk mencari kesalahan orang lain.
ad 3. Pengelolaan biaya sesuai dengan dapat tidaknya dikendalikan oleh manajer pusat pertanggungjawaban.
Pada akuntansi pertanggungjawaban proses penyusunan anggaran setiap manajer turut berpartisipasi menyusun bagiannya masing-masing karena itu masing-masing akan dimintai pertanggungjawaban mengenai ralisasi anggaran. Semua biaya yang terjadi pada semua bagian dapat dikendalikan oleh manajer pusat pertanggungjawaban, pemisahaan biaya kedalam biaya terkendali dan biaya tidak terkendali perlu dilakukan sistem akuntasi pertanggung jawaban.
Biaya terkendalikan adalah biaya yang secara langsung dipengaruhi oleh seorang manajer dalam jangka waktu tertentu, sedangkan biaya tidak terkendalikan adalah biaya yang tidak dapat dipengaruhi secara signifikan oleh manajer pusat pertanggungjawaban dalam jangka waktu tertentu.
ad 4. Sistem akuntansi biaya yang disesuaikan dengan struktur organisasi
          dalam akuntansi pertanggungjawban pengumpulan dan pelaporan biaya dilaukan untuk tiap tingkat manajemen. Tiap tingkatan pertanggungjawaban atas biaya yang berada dibawah pengendaliannya dan biaya yang terjadi dihubungkan dengan manajer yang bertangungjawab atas terjadinya biaya tersebut. Karena itu, untuk kepentingan pengumpulan biaya dalam suatu akuntansi pertanggungjawaban, maka setiap pusat pertanggungjawaban yang terdapat dalam suatu perusahaan diberi kode seuai dengan tingkatan manajemen dalam struktur organisasi perusahaan.
Pada kode tesebut merupakan kode organisasi dengan sruktur organisasi kode seperti yang dikemukakan oleh Mulyadi (2001 : 188), yaitu jenjang organisasi dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu Direksi, tingkatan departemen dan tingkat bagian. Oleh karena itu, jenjang organiasai diberi kode dengan memakai tiga angka, setiap posisi angka mencerminkan jenjang organisasi.
ad 5. Sistem pelaporan biaya kepada manajer
Akuntansi pertanggungjawaban menyajikan informasi mengenai pendapatn, biaya yang dikaitkan dengan suatu atau unit di dalam perusahaan. Untuk menyajikan laporan yang efektif tidak semua informasi yang dilaporkan ttetapi informasi tersebut harus dipilih sesuai kebutuhan agar dapat digunakan sebagai dasar bertindak bagi manajer yang berkepentingan.
Agar laporan yang dapat dilaporka secara efektif J.B Herkert (1997 : 559) mengemukakan prinsip-prinsip dasar penyajian laporan, yaitu :
1.      Harus tetap konsep pertanggungjawaban
2.      Secara umum angka-angka dapat dibandingkan
3.      Sejauh yang dapat dilaksanakan, data harus semakin ringkas untuk jenjang pimpinan yang semakin tinggi/ke atas.

4.      Laporan harus mencakup komentar interpretative yang jelas sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar