Strategi pemasaran sebagai salah satu bagian daripada
peningkatan volume penjualan, Agus Maulana (1990: 157) mengemukakan bahwa
strategi pemasaran adalah pernyataan pokok tentang dampak yang diharapkan akan
dicapai dalam hal permintaan pada pasar target tertentu. Strategi pemasaran
mengharuskan para manager untuk memuasatkan perhatian pada empat tugas untuk
dapat mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan :
1.
Analisis kesempatan
pasar
2.
Pemilihan pasar
sasaran
3.
Pengembangan bauran
pemasaran
4.
Manajemen pemasaran
Philip
Kotler (2002: 96) menyatakan bahwa strategi pemasaran adalah logika pemasaran
dan berdasarkan hal itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran
pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang
biaya pemasaran dalam hubungannya dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan
kondisi persaingan dalam pemasaran.
Kalau
Sofyan Assauri (2002: 15) menerangkan bahwa strategi pemasaran adalah pemasaran
sebagai usaha untuk menyediakan dan menyampaikan barang dan jasa yang tepat
kepada orang-orang yang tepat pada tempat dan waktu serta harga yang tepat
dengan promosi dan kondisi komunikasi yang tepat.
Berdasarkan
uraian tersebut di atas, maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa strategi pemasaran merupakan serangkaian tujuan dan
sasaran, kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran
perusahaan dari waktu ke waktu, pada masingmasing angkatan dan acuan serta
alokasinya, utamanya sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan
dan keadaan persaingan yang selalu berubah-ubah setiap saat. Oleh karena itu
penentuan strategi pemasaran harus didasarkan atas analisa lingkungan eksternal
dan internal perusahaan, serta analisa kesempatam dan ancaman yang dihadapi
perusahaan dari lingkungan. Di samping itu strategi pemasaran yang telah
ditetapkan dan dijalankan harus dinilai kembali, apakah sesuai dengan keadaan
dan kondisi pada saat ini ataukah telah harus mengalami perubahan-perubahan
dengan menerapkan strategi pemasaran lain dengan memungkinkan kondisi pemasaran
yang diharapkan.
Simorangkir,
(1998: 48) memberikan definisi tentang strategi pemasaran bank adalah merupakan
suatu keputusan terpadu (marketing mix) yang diteliti keseimbangannya dan
diberikan identitasnya yang jelas agar sasaran tercapai dan dapat meningkatkan
usaha kecil..
Beberapa
definisi di atas, bahwa strategi pemasaran memang perlu ditetapkan, agar produk
yang akan dilemparkan ke pasar tidak lagi memili sasaran yang akan dicapai,
tetapi yang terpenting, yaitu :
1.
Produk yang akan
dipasarkan telah dikenal oleh masyarakat umum yang disertai dengan penyuluhan.
2.
Lokasi dimana
perusahaan berproduksi tidak menyulitkan bagi konsumen. Untuk mendapatkan
kredit.
3.
Kualitas produk
terjamin dan telah mendapat pengakuan dari masyarakat umum.
4.
Sumber daya manusia
yang digunakan sebagai tenaga kerja sudah terdidik dan terlatih, sehingga tidak
dikhawatirkan lagi tentang service dan pelayanan kepada konsumen tidak
diragukan lagi.
5.
Dapat memberikan
kepuasan kepada konsumen terhadap produk yang ditawarkan kepada konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar