Strategi
distribusi adalah masalah penentuan cara
dalam mana perusahaan untuk mencoba untuk menjual produk-produknya ke pasar,
apakah akan menggunakan penyalur X, Y, ataupun penyalur lain. Ini bukanlah
masalah yang sederhana. Untuk itu manajemen harus berusaha untuk membedakan
semua alternatif saluran yang ada dan menggunakan beberapa metode analisis
untuk menilai masing-masing alternatif. Agar memperoleh gambaran yang lebih
jelas, dapat dilihat pada shema berikut ini.
Pada skhema 2 dapat dilihat adanya lima
cara yang berbeda untuk memasarkan produk baru tersebut dengan cara sebagai
berikut :
1. Menggunakan penyalur yang ada (strategi
distribusi 1)
Strategi
ini dilakukan oleh perusahaan dengan menggunakan saluran distribusi yang ada
dalam pemasaran produknya. Dalam hal ini, perusahaan ingin mempertahankan
penggunaan penyaluran yang ada.
2. Menggunakan penyalur baru (strategi
distribusi 2)
Strategi
ini dilakukan oleh perusahaan dengan memasukkan penyalur baru ke dalam saluran
distribusinya. Penyalur baru dapat mengambil pengalaman dari penyalur lama
untuk mengetahui cara-cara yang pernah ditempuhnya.
3.
Membeli perusahaan kecil yang berfungsi sebagai penyalur (strategi
distribusi 3)
Strategi
ini memberikan kemungkinan pada perusahaan untuk membeli atau menambah
perusahaan baru yang berfungsi untuk memasarkan preoduknya. Jadi perusahaan
yang dibeli tersebut mempunyai kegiatan khusus di bidang pemasaran.
4 Penjualan produk
dalam jumlah besar kepada perusahaan
lain ( Strategi
Penjualan
4)
Strategi
distribusi ini dapat ditempuh perusahaan dengan menjual produk baru kepada
perusahaan lain dalam jumlah besar, yang kemudian mendistribusikannya kepada
konsumen akhir. Alternatif ini mempunyai konsekkuensi profitabilitas perusahaan
yang rendah, namun pada saat yang sama tingkat resiko perusahaan jadi
berkurang.
5 Kemasan dan
penjualan produk melalui pos (strategi penjualan 5)
Strategi
distribusi ini dilakukan oleh perusahaan dengan mengadakan kemasan penjualannya
melalui pos. Strategi ini perlu didukung dengan usaha periklanan.
Kelima
strategi tersebut dapat diambil suatu keputusan strategi mana yang paling
menguntungkan. Untuk menentukan pilihan strategi dapat digunakan sebuah metode
yang disebut metode nilai tertimbang (wirght factor score method) dan tidak
diuraikan secara sistimatis dalam tulisan ini.
SKHEMA
2
ALTERNATIF
STRATEGI DISTRIBUSI
Alternatif 1 Pemasaran Melalui
Penyalur yang ada
Alternatif 2
Pemasaran Melalui
Penyalur baru
3
Membeli Perusahaan
Alternatif Kecil yang Berfungsi
Alternatif 4
Penjualan Produk Dlm Jumlah Besar Kepada
Alternatif 5 Kemasan Penjualan
Produk Melalui Pos
Sumber : Soegarda (2000 : 76)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar