Powered By Blogger

Kamis, 22 Desember 2016

Pengertian Realisasi

      Welsch, Hilton, Gordon dalam bukunya Anggaran Perencanaan dan Pengendalian (1999: 7), menyatakan bahwa realisasi adalah melakukan sesuatu sehingga menjadi.
      Sedangkan realisasi aggaran dapat digunakan sebagai alat pengendalian kegiatan perusahaan. Mulyadi dalam bukunya Akuntansi Biaya Manajemen (1999 : 91) menyatakan bahwa realisasi anggaran, yaitu :
1.    Tidak dapat diabaikan bahwa anggaran sendiri mempunyai peranan penting dalam mengendalikan operasi perusahaan. Pengendalian dalam arti membandingkan anggaran dengan realisasinya. Dari anggaran tersebut tidak hanya untuk mengukur jumlah penyimpangan yang terjadi juga menyebabkan penyimpangan tersebut dan bagaimana tindakan koreksinya.
2.    Mengendalian merupakan suatu usaha kegiatan atau proses yang mana pelaksanaan tindakan disesuaikan dengan keadaan yang diinginkan. Di dalam pelaksanaan suatu anggaran ada kemungkinan ditemui keadaan-keadaan yang tidak diperkirakan sebelumnya yang membutuhkan perlunya suatu perubahan pada anggaran tersebut. Suatu sistem pengendalian yang baik dapat memberikan kemudahan untuk melaksanakan penyesuaian terhadap hal-hal yang tidak diperkirakan sebelumnya.
Realisasi anggaran tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran tetapi mempunyai beberapa fungsi antara lain :

  1. Sebagai alat perencanaan kegiatan organisasi atau pusat pertanggujawaban perusahaan dalam jangka pendek.
  2. Membantu mengkoordinasikan rencana jangka pendek.
  3. Sebagai aaaaaalat komunikasi rencana kepada berbagai manajer pusat petanggungjawaban.
  4. Alat untuk memotivasi para manajer untuk mencapai tujuan pusat pertanggungjawaban yang dipimpinnya.
  5. Alat pengendalian kegiatan dari penilaian prestasi pusat pertanggungjawaban dari para manajernya.
  6. Alat untuk mendidik para manajer mengenai bagaimana bekerja secara terinci pada pusat pertanggungjawaban yang dipimpinnya dan sekaligus menghubungkan pusat pertanggungjawaban lain di dalam organisasi.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar